Friday, January 1, 2016

Menghapus Quick Access dari File Explorer pada Windows 10

Menghapus item pada Quick Access dengan mudahHalo semuanya, artikel kali ini masih mengenai sistem operasi dari Microsoft yang terbaru yaitu Windows 10. Kita semua tahu bahwa Windows 10 merupakan sistem operasi yang lebih baik daripada versi sebelumnya. Sistem operasi Microsoft satu ini dapat digunakan untuk komputer pribadi, tablet, perangkat embedded, dan perangkat internet. Microsoft merilis Windows 10 pada Juli 2015 sebagai tindak lanjut untuk Windows 8. Perusahaan ini mengatakan akan memperbarui Windows 10 secara lamanya daripada merilis sistem operasi baru yang lengkap sebagai penerus.

Siapa pun yang akan menggunakan Windows 10 dapat upgrade langsung dari Windows 7 atau Windows 8 ke Windows 10 tanpa pencitraan ulang atau melakukan update sistem yang mengganggu dan memakan waktu serta prosedur upgrade. Untuk meng-upgrade dari versi Windows 10 sebelumnya, anda dapat menjalankan installer OS Windows 10 dan mentransfer aplikasi dan perangkat lunak apa pun di OS sebelumnya, serta pengaturan dan preferensi ke Windows 10. Anda dapat memilih dan memperbarui Windows 10 dengan mengakses upgrade Windows 10 melalui Windows Update Assistant untuk secara manual memulai upgrade atau menunggu Windows Update untuk penawaran upgrade yang akan tampil jika kita aktifkan sebelumnya.


Pada Windows 10 juga terdapat fitur Cortana yang terintegrasi langsung dengan mesin pencari Bing dan mendukung input teks maupun suara. Hal ini dapat melacak dan menganalisa layanan lokasi, riwayat komunikasi, email dan pesan teks, pidato dan personalisasi input, layanan atau aplikasi, dan riwayat penelusuran dan pencarian dalam upaya untuk menyesuaikan pengalaman OS untuk paling sesuai dengan kebutuhan pengguna. Anda dapat menonaktifkan Cortana dan beberapa fiturnya dengan beberapa pengaturan pada Group Policy.

Selain itu, Windows 10 memperkenalkan tampilan Quick Access ke File Explorer. Jadi setiap kali anda membuka jendela File Explorer, anda akan melihat daftar folder yang sering atau yang baru saja diakses, serta menampilkan folder yang sering diakses pada bawah item Quick Access di panel navigasi. Tetapi Anda dapat menonaktifkan semua itu jika Anda tidak ingin melihatnya.

Quick Access ini berfungsi seperti daftar "Favorit" di versi Windows sebelumnya, memungkinkan Anda memasang pin folder favorit Anda untuk akses yang mudah. Itu sangat berguna, tentu saja, tetapi banyak orang tidak menyukai daftar quick access yang secara otomatis diisi dengan folder yang sering mereka gunakan. Bahkan banyak juga yang memilih untuk tidak dapat melihat daftar folder yang sering dan file terbaru setiap kali membuka File Explorer atau setidaknya saat File Explorer dibuka secara default ke "This PC". Jika anda termasuk dalam salah satu grup ini, baca terus artikel ini sampai selesai saat kami menunjukkan cara untuk mengontrol fitur Quick Acces.

Sehubungan dengan judul artikel ini yaitu bagaimana cara menghapus item-item folder pada Quick Access,  maka saya akan coba informasikan kepada anda semua langkah mudah untuk menghilangkannya. Karena diluar sana masih banyak pengguna yang masih bingung atau tidak tahu cara menghapus daftar quick access di Windows Explorer. Sebenarnya hal ini sangat mudah dilakukan dengan beberapa langkah saja.



1 # Menghapus item pada Quick Access

Buka Windows Explorer seperti biasanya, kemudian klik tombol File  yang terdapat pada Ribbon Bar. Posisi tombol ini terdapat di kiri atas Windows Explorer.



Saat muncul menu drop down, silahkan anda pilih Folder and Search Options


Setelah muncul form Folder Options. Klik tombol Clear. Tombol ini akan menghapus item-item yang muncul pada Quick Access seperti yang disampaikan diatas sebelumnya.



Selanjutnya anda klik tombol OK untuk menyelesaikan proses ini. Sangat mudah bukan?.


2 # Mengganti default akses Quick Access Windows Explorer

Secara defaut File Explorer akan menampilkan fitur Quick Access pada saat kita membuka Windows Explorer. Namun kita bisa menggabntinya dengan beberapa langkah dibawah ini. Caranya hampir sama seperti pada poin pertama diatas. Yaitu kita harus masuk ke menu File sehingga muncul sebuah form Folder Options.

Pada jendela “Folder Options”, klik dropdown “Open File Explorer to” dan pilih “This PC” sebagai ganti dari “Quick access.”



3 # Menonaktifkan Quick Access Windows Explorer

Item-item pada Quick Access akan terus bertambah seiring dengan banyaknya folder yang sering dikunjungi secara otomatis masuk ke daftar tersebut. Hal ini akan sangat menganggu jika Anda merupakan orang yang suka kerapihan :D. Untuk itu sebenarnya anda bisa mematikannya, dan menggunakannya seperti daftar Favorit jika anda mau.

Di File Explorer, klik menu File, lalu pilih "Change folder and search options." seperti yang anda lakukan pada langkah - langkah diatas sebelumnya.

Di bagian "Privacy" bagian bawah, anda dapat nonaktifkan opsi "Show frequently used folders in Quick access".


Anda sekarang dapat menambahkan folder favorit Anda sendiri ke daftar quick access dengan menyeretnya ke sana atau dengan mengklik kanan folder dan memilih opsi "Pin to Quick Access". Untuk menghapus item - item folder dari quick access, klik kanan dan pilih opsi "Unpin from quick access".



Perhatikan bahwa menonaktifkan folder yang sering digunakan akan menghapusnya dari menu Quick Access di panel navigasi dan dari tampilan Quick Access utama yang akan Anda dapatkan ketika membuka File Explorer atau mengklik folder Quick Access.

Saat berada di jendela "Folder and Search Options", Anda juga dapat menonaktifkan opsi "Show recently used files in Quick access" untuk mencegah tampilan quick access utama menampilkan file terbaru.


Jika Anda menonaktifkan kedua folder dan recent files dari Quick Access, tampilan Quick Access utama hanya akan menampilkan folder favorit yang telah Anda sematkan sebelumnya di sana.
Sebenarnya tampilan quick access juga muncul di jendela Save dan Open. Tetapi salah satu opsi yang telah kita bahas tadi tidak mempengaruhi cara kerja quick access di jendela tersebut, melainkan di File Explorer.

Ok, akhirnya artikel cara menghapus item folder pada quick access ini berakhir sampai disini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Salam,

— ITRumahSakit.com

0 komentar