Thursday, December 31, 2015

Bagaimana cara masuk ke Safe Mode pada Windows 10

Sejak OS Windows dirilis hanya dengan menekan tombol F8 pada saat start-up windows versi sebelumnya, pengguna bisa masuk ke Safe Mode tanpa masalah. Tetapi dengan fitur booting cepat di dalam Windows 8 dan Windows 10, hampir tidak mungkin kita untuk menghentikan proses boot dan F8 tidak lagi berguna. Memang proses startup yang cepat adalah fitur yang pertama kali diimplementasikan pada Windows 8 dan terbawa sampai ke Windows 10, dan hal ini merupakan hal yang sangat bermanfaat dengan waktu boot yang lebih cepat ketika memulai PC atau laptop anda sehingga kita dapat dengan segera memulai pekerjaan. Fitur ini adalah fitur yang berguna dan kebanyakan orang merasakan manfaatnya. Namun banyak juga orang yang langsung menonaktifkannya saat mereka mendapatkan PC baru untuk tujuan tertentu salah satunya agar tombol F8 atau Safe Mode saat startup bisa diaktifkan kembali.

Pada artikel ini saya akan mengulas bagaimana cara kita masuk ke Safe Mode tanpa menonaktifkan fitur booting cepat. Karena masih banyak pengguna yang tidak mengetahuinya, panduan ini akan membantu Anda memasuki mode aman (safe mode) di dalam Windows 10. Windows yang saya gunakan untuk pengujian adalah Windows 10 Pro.

Langkah 1 # Klik Windows Icon pada task bar

Seperti biasanya kita akan mengakses menu untuk memilih aplikasi yang akan di jalankan, kita masuk ke Start Menu dengan cara klik ikon Windows dan pilih Power

Cara Masuk ke Safe Mode pada Windows 10

Langkah 2 # Tekan Shift dan Klik Restart 

Tekan tombol Shift dan tahan, kemudian klik atau pilih Restart. Perhatikan bahwa Anda juga dapat menggunakan kombinasi Shift + Restart dari layar Sign In: klik atau ketuk Power, tekan dan tahan Shift dan kemudian klik atau ketuk Restart.


Komputer akan melakukan restart dan akan menampilkan menu pilihan seperti dibawah ini.

Langkah 3 # Pilih Opsi pada Layar

Pilih Troubleshoot.


Pilih Advanced options.


Kemudian pilih Startup Settings.



Windows 10 akan menginformasikan bahwa Anda dapat memulai ulang perangkat Anda untuk mengubah opsi boot lanjutan, termasuk mengaktifkan Safe Mode. Pada layar ini anda klik tombol Restart saja.


Langkah 4 # Terakhir 

Setelah sistem operasi Windows 10 melakukan restart, anda dapat memilih opsi boot mana yang ingin anda aktifkan. Untuk masuk ke Safe Mode, Anda memiliki tiga opsi berbeda.


Untuk masuk ke Safe Mode biasa anda bisa tekan tombol 4 atau tombol F4 pada keyboard, namun untuk masuk ke “Safe Mode with Networking,” tekan 5 atau tombol F5, dan terakhir untuk masuk ke “Safe Mode with Command Prompt” tekan tombol 6 atau F6.

Cukup mudah bukan? Memang kalau menurut pendapat saya, terlalu bertele-tele untuk masuk ke Safe Mode saja. Padahal di windows versi sebelumnya sangat mudah dilakukan cukup dengan tekan tombol F8 di keyboard saat startup windows. Namun apa dikata kita hanya pengguna bukan pengembang. Hehe.

Kesimpulan

Windows 10 merupakan sistem operasi yang ringan dengan proses boot yang cepat pula. Akan tetapi untuk masuk ke Safe Mode tidak akan seperti fungsi pada sistem operasi Windows yang sebelumnya. Untuk itu, jika Anda sudah menggunakan windows 10 dan akan masuk safe mode, Anda dapat menggunakan cara di atas.

Akhir kata sampai jumpa di artikel selanjutnya.


Salam,

— ITRumahSakit.com

0 komentar