Thursday, January 30, 2020

BRIDGING MOBILE JKN (ANTRIAN ONLINE) BPJS DENGAN PHP




Anda pengguna/ pasien Asuransi BPJS Kesehatan? Jika jawabannya "Ya", maka saya pastikan Anda sudah tahu apa itu Aplikasi Android 
Mobile JKN.  Perlu diketahui, Mobile JKN merupakan aplikasi android yang dikembangkan oleh tim BPJS Kesehatan yang dapat di download di google playstore dan dapat digunakan oleh pasien BPJS untuk melihat tagihan pembayaran serta informasi-informasi lainnya.

Pada awal tahun Januari 2020 kemarin, BPJS melakukan perubahan di aplikasi Mobile JKN-nya, yaitu menambah fitur Antrian Online bagi peserta BPJS yang akan berobat ke Faskes tujuan, khususnya Faskes Tingkat 2 (Rumah Sakit), tentunya setelah mendapatkan Surat Rujukan dari Faskes Tingkat Pertama seperti Puskesmas, Klinik, Praktek Dokter dsb. Hal ini disambut hangat oleh masyarakat pengguna BPJS Kesehatan, karena sangat mempermudah mereka untuk mendapatkan pelayanan di Rumah Sakit tujuan. Dimana kita sudah sama-sama tahu, bahwa masih banyak RS yang masih "bermain nakal" atau membedakan pelayanan bagi peserta BPJS, terutama untuk Antrian Pelayanan.

Skema Antrian Online Mobile JKN ini akan integrasi dengan Sistem Antrian/ SIMRS yang terdapat pada masing-masing Rumah Sakit. 
Untuk rumah sakit yang tidak menyediakan sistem integrasi Antrian Online ini, akan diberikan teguran tertulis, selanjutnya akan diberikan peringatan untuk penghentian perjanjian kerjasama dengan BPJS Kesehatan. 
Lalu bagaimana cara masyarakat menggunakan layanan dari sistem Antrian Online ini?. Hal itu sudah saya kemukakan sebelumnya diatas, bahwa peserta hanya download Mobile JKN di handphone android kesayangan mereka saja. Cukup. itu saja? Iya, itu saja!. Dengan begitu, masyarakat atau peserta BPJS akan mendapatkan Nomor Antrian Pelayanan di Rumah Sakit tujuan, tanpa harus datang subuh atau tengah malam ke RS sekedar untuk ambil antrian.
Yakin tidak ada hal lain? Tentu saja ada, tapi itu urusan staff IT, vendor, pengembang ataupun apalah itu namanya, aplikasi Antrian / SIMRS mereka di Rumah Sakit masing-masing harus mampu dan memiliki fasilitas integrasi tersebut. 

Artikel kali ini saya akan share cara membuat RESTAPI Antrian Online dan Jadwal Operasi Elektif di rumah sakit dengan berbasis web aplikasi. Perkakas untuk membuat aplikasi yang akan kita buat menggunakan PHPMySQL, pendukung lainnya dan memanfaatkan anugerah dari Tuhan yang tiada duanya yaitu, Otak.
Oh ya, membuat API Antrian Online ini juga mungkin akan dibuat menjadi beberapa seri artikel, karena terlalu panjang jika dalam 1 artikel saja.










Bagaimana apakah berhasil? Apabila mengalami kesulitan atau masih bingung, silahkan posting pada komentar dibawah.

Link Demo: http://cadambasolution.com/cadamba-api-jkn/

Jika ingin berniat membeli App yang sudah jadi dan Source Code untuk Bridging MOBILE JKN (ANTRIAN ONLINE) BPJS atau ingin penyesuaian dengan database SIMRS Anda, silahkan hubungi ke :
Email : medicalsoftwareengineer@gmail.com
Senang dapat membantu. :)


Salam,

ITRumahSakit.com

3 komentar

Anonymous said...

https://www.itrumahsakit.com/2020/01/bridging-mobile-jkn-antrian-online-bpjs.html

Info Harga App REST API Antrian Mobile JKN + Konsultasi berapa Bang?
Kalau sekalian dengan Aplikasi Anjungan nya berapa ya? biar pasien langsung ke poli, tanpa harus ke pendaftaran.

Anonymous said...

Atikelnya bagus saya tindak lanjuti ke email kak, moohon dibalas ya....

Anonymous said...

Alhamdulillah, MobileJKN beres, UAT Lancar. Terimakasih itrumahsakit.com